Sabtu 30 October 2o1o ini berkat ajakan dari bapak Manajer, saya berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman baru dalam bentuk memberikan presentasi materi di kuliah umum mengenai teknologi Well Service dan Workover yang di adakan oleh Universitas Trisakti Jakarta. Tema yang di sampaikan meliputi : pengenalab mengenai well service/workover service, pengenalan Snubbing unit, cementing, fishing tools dan akhirnya bagian saya adalah mengenai spesialisasi saya yaitu Coiled tubing.

Serius

Berangkat dari kantor pukul 7 pagi di hari sabtu pagi di mana kantor sangat-sangat sepi (ini pertama kalinya saya masuk ke kantor hari sabtu). Di kantor bertemu dengan pak Manajer dan teman yang lain untuk berangkat bareng ke Universitas Trisakti di daerah Grogol. Sesampai di kampus, langsung bertemu dengan anggota team yang lain yang sudah siap dengan baju seragam yang sudah kita siapkan sebelumnya khusus untuk acara ini. Perjalanan di lanjutkan ke ruang workshop di lantai 2 gedung teknik perminyakan Trisakti. Ternyata kita adalah orang pertama yang datang ke tempat pelaksanaa workshop. Agak kaget juga dengan situasinya, mengingat biasanya di kampus saya dulu, kalau ada event event yang mengundang pihak luar, panitia mempersiapkan dengan sangat baik, mereka sudah siap di depan ruangan, ber-jas almamater dan tersenyum manis (terutama mbak-mbak nya…hehehe), dan ruangan sudah siap untuk acara. Ternyata panitia acara kurang mempersiapkan acara dengan baik, akan tetapi kita tetap bersemangat untuk share mengenai bidang yang kita geluti kepada para mahasiswa tersebut.

Kesempatan pertama presentasi di berikan kepada pak manajer yang menjelaskan mengenai overview well service./workover service. Cukup banyak pertanyaan yang muncul di sesi ini dan di ikuti pembagian doorprize berupa topi dan stationary. Selanjutnya sesi di lanjutkan mengenai teknologi Snubbing unit yang disampaikan oleh salah seorang engineer kolega saya. Dengan penyampaian yang menarik suasana bisa terbangun dengan apik, banyak pertanyaan terlontar dan souvenir terus melayang ke penannya. Sesi selanjutnya adalah mengenai teknologi cementing dan fishing. Tempo penyampaian semakin cepat karena waktu sudah mendekati jam 12 siang, yang mana seharusnya presentasi harus selesai pada waktu tersebut.

Lewat jam 12 dan ternyata peserta masih antusias dengan materi yang kita sampaikan, pak manajer pun segera melanjutkan dengan paper beliau tentang cementing yang memenangkan kontes paper dari IATMI (Ikatan Ahli Teknik Minyak Indonesia) dan sekaligus juga di publish oleh SPE International. Waktu sudah menunjukkan pukul 12 lebih, dan giliranku belum juga tiba, sempat terbersit pikiran kalau akhirnya saya tidak jadi presentasi karena waktu tidak mencukupi. Tentunya sebuah kekecewaan kalau memang demikian, karena presentasi ini sudah saya siapkan baik-baik jauh hari sebelumnya. Tapi toh sebenarnya materi yang akan saya sampaikan bukan dalam konteks workshop.

Alhamdulillah ternyata para mahasiswa masih cukup antusias untuk menutup workshop dengan presentasi Coiled Tubing yang sudah saya siapkan. Akhirnya dengan percaya diri saya mulai menerangkan tentang teknologi coiled tubing mulai dari perkenalan, peralatan, perlengkapan pendukung, aplikasi, kelebihan-kekurangan, dan teknologi2 baru coiled tubing. Pertama-tama perasaan dag-dig-dug juga karena jarang2 mendapatkan kesempatan presentasi di kampus seperti ini, tetapi Alhamdulillah berjalan lancar.

Akhirnya selesai juga workshop dan di akhir acara pihak Trisakti memberikan kenang-kenangan kepada pembicara utama yaitu bapak manajer kami.

Sebuah pengalaman singkat tapi menarik